Cara Memasak Makanan Instan Dengan Aman

sasa.co.id

Beberapa orang berpikiran bahwa makanan instant adalah makanan yang kurang sehat untuk tubuh. Pendapat ini tentu tidak sepenuhnya salah, beberapa makanan instant dibuat menggunakan tambahan bahan - bahan yang cukup berbahaya untuk tubuh. 

Sebagai orang yang sangat sibuk di dunia yang berputar sangat cepat sekarang kita seringkali tidak bisa menghindari masakan instant. Di sini kita akan membahas mengenai beberapa cara memasak makanan instan dengan aman agar bisa mengurangi resiko terhadap kesehatan.

Saat ini sudah ada banyak masakan instan yang bisa kita buat sendiri. Misalnya mie instan, atau bahkan kita bisa memasak dengan bumbu nasi goreng instan untuk mendapatkan masakan nasi goreng yang sangat lezat dan enak. Daripada penasaran dengan informasi yang ada mari kita langsung simak beberapa cara memasak makanan instan dengan aman dan sehat. 

Tips Memasak Masakan Instan

Ada beberapa persiapan untuk memasak masakan instan yang bisa Anda gunakan secara umum. Berikut adalah beberapa tips terbaiknya. 

Durasi Persiapan 

Salah satu faktor yang perlu dipersiapkan untuk memasak masakan instan adalah berapa lama persiapan yang dibutuhkan untuk mempersiapkannya. Tergantung berapa banyak waktu yang kita miliki masakan instan biasanya membutuhkan persiapan yang sangat singkat mulai dari 3 sampai dengan 5 menit. Ditambah lagi proses memasak akan memakan waktu kurang lebih 5 menit. Jadi secara keseluruhan masakan instan bisa dihasilkan dengan waktu 10 menit, tergantung dari masakan apa yang akan kita hasilkan. 

Kandungan Nutrisi

Sebelum memutuskan untuk memasak masakan instan, kandungan nutrisi di dalamnya juga bisa menjadi faktor utama yang harus dipertimbangkan. Kesehatan tubuh kita bisa didapatkan dari makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, jadi dipastikan kandungan nutrisi juga bisa didapatkan sekalipun dari masakan instan. 

Beberapa orang percaya kandungan nutrisi berikut harus diperhatikan: 
  • Kalori : Kita membutuhkan asupan kalori namun kelebihan kalori juga tidak dianjurkan karena akan menimbulkan berbagai masalah nantinya. Jadi pastikan perhatikan kalori masakan yang Anda makan. 

  • Protein : Protein memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, salah satunya adalah memperbaiki tubuh. Berdasarkan dari beberapa sumber, 0,8 gram protein per kg body weight harus kita konsumsi. 

  • Gula Tambahan : Semakin kecil gula tambahan akan semakin baik. 

  • Sodium : Masakan instan sangat sering mendapatkan tambahan garam yang berarti mengandung sodium. Perlu kita batasi kebutuhan dari sodium seharusnya 2300 mg per harinya.

Rasa

Tentu saja kita sangat membutuhkan masakan yang enak bukan? Nah pertimbangan selanjutnya sebelum memasak masakan instan adalah rasa. Rasa adalah sebuah nilai relatif yang sangat subjektif untuk setiap orang. Jadi, Anda bisa gunakan preferensi Anda sendiri untuk menentukan rasa. Perlu diingat bahwa menambahkan berbagai jenis bahan penambah rasa akan menambah kandungan berlebihan. Jadi batasi penambahan perasa buatan. 

Penyimpanan dan Alat Masak 

Umumnya alat masak yang aman juga berpengaruh dalam membuat masakan dan makanan, terlebih jika Anda memasak masakan instan. Pastikan untuk memilih alat masak yang benar - benar terbukti berkualitas. Misalnya gunakan panci dengan bahan dan material tanpa bahan berbahaya. Selain itu setelah melakukan kegiatan memasak Anda juga bisa memperhatikan tempat penyimpanan. Jika masakan instan kita buat untuk dimakan di lain waktu perhatikan wadah yang bisa membuat masakan tetap enak dan aman untuk dikonsumsi. 

Kesimpulan

Itu dia beberapa informasi seputar masakan instan yang bisa Anda coba gunakan sekarang juga. Sebenarnya masakan instan memang tidak bisa dihindarkan dari kehidupan, namun tidak baik juga untuk mengkonsumsinya secara terus menerus. Pastikan Anda membatasi masakan instan agar terus tetap bisa sehat. Semoga informasi ini membantu ya, jangan lupa untuk share informasi ini dan terus ikuti berbagai artikel menarik lainnya. Terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar